Oleh: konoharakureah | Januari 26, 2011

Sekilas Protokol Routing Dinamis


Kalau di postingan sebelumnya, ane udah nulis tentang routing static, sekarang sedikit ane tulis pengertian dan perbedaannya, ya walaupun sedikit nyontek juga dari uncle google, yang penting bisa bermanfaat deh, mudah-mudahan, aamiin..

yuk cekedot.

Routing dinamis :

Satu tujuan utama dari sebuah Protokol IP routing adalah agar router bisa secara otomatis menambahkan daftar rute didalam tabel routing-nya.

Juga sekaligus menentukan rute terbaik jika ternyata untuk satu tujuan ditemukan beberapa rute yang bisa ditempuh.

Tujuannya sederhana, tapi prosesnya bisa sangat rumit🙂, ane juga belum lulus-lulus nih..

Protokol Routing membantu router untuk mempelajari rute dengan cara saling meng-advertise rute yang telah mereka ketahui.

Setiap router pada awalnya hanya mengetahui rute pada subnet yang terhubung langsung dengannya.

Kemudian, masing-masing router saling mengirimkan pesan yang berisi daftar rute dalam tabel routingnya.

Ketika sebuah router menerima update pesan routing dari router lainnya, maka router akan mempelajari pesan routing tersebut, dan jika terdapat rute dalam pesan tersebut yang belum ada dalam tabel routingnya, maka router akan menambahkannya kedalam tabel routing.

Jika semua router saling berpartisipasi dan bertukar pesan routing seperti ini, maka akhirnya setiap router akan mengetahui semua rute dalam satu internetwork.

 

Beberapa contoh protokol routing dynamic :

RIP, RIP versi 2, IGRP, EIGRP, OSPF

 

Berdasarkan kerja masing-masing protokol, bisa di bedakan menjadi 3 :

Distance Vector : RIP, RIP versi 2, IGRP

Link State : OSPF

Hybrid (ke 2 nya) : EIGRP

 

sekian dulu yah🙂

insya allah bakal ane update terus sembari nyari guru yang mau berbagi ilmu,hehe..

semoga bermanfaat.

 

Email,YM,FB,Twitter : konoharakureah@yahoo.co.id

Blog : konoharakureah.wordpress.com

phone : +6283890353291

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: