Oleh: konoharakureah | Januari 29, 2011

Belajar Membuat Radio Online Sendiri


Bismillah..:)

Pertama-tama mohon maaf kalau judul postingan ini udah rada basi alias ketinggalan jaman, sekedar mau share aja.

Ide ini muncul setelah terlewat pikiran mau jadi dije ciki ciu cikiciu sendiri , hehe, yaudah langsung search-search tutorialnya di paman google.

langsung ane praktekin deh, hadeuh kemana aja hari gini baru tau ini payah deh😦

yeuk mulai🙂

  • Peralatan yang kita butuhkan antara lain :
  • Winamp player : download
  • Plugin Winamp buat streaming (Shoutcast) : download
  • Member Account di server streaming Shoutcast gratis, hehe (http://www.listen2myradio.com/)
  • Koneksi Internet🙂
  • Playlist musik nya jangan lupa.

langkah-langkah instalasi :

Pertama kita daftar dulu di http://www.listen2myradio.com/

tampilan awal sign up

sign up di listen2myradio

terus kalo udah berhasil sign up, akan ada verifikasi via email yang tadi didaftarkan.

daftar nama broadcaster

stream instalation

broadcaster password : itu berguna nanti saat kita akan stream dari winamp, password tersebut berguna untuk autentikasi dengan server streamingnya.

kolom admin password : berguna untuk autentikasi control panel admin di server streaming.

radio url : alamat yang akan dimasukan ke alamat shoutcast nanti dan alamat yang digunakan listeners untuk mendengarkan radionya.

Kemudian pilih lokasi server shoutcastnya.

tentukan server yang akan digunakan

pilih server

Setelah instalasi server radio selesai, kembali ke bagian menu, dan pilih “Stream Details“.

Jangan lupa catat “address to broadcast” (misalnya disini:87.117.205.151 ) beserta nomor “port” (35511) karena akan kita gunakan di plugin shoutcast winamp.

Details info stream

stream details

Sekarang tinggal masuk nyalakan Stream modenya di menu “Turn On/Off” klik ON, kemudian refresh.

kalau sudah ON sekarang tinggal konfigurasi di winampnya.

untuk control panel admin nya ada di menu Admin menggunakan password yang kita daftarkan tadi.

Sekarang instalasi di winampnya, pertama kita instal plugin Shoutcastnya.

Kemudian masuk ke Option>Preferences>DSP/Effect>pilih Shoutcast source yang tadi kita install

pengaturan plugin shoutcast

preferences winamp

Masuk ke menu Encoder, pilih MP3 dan 24kpbs 22.050KHZ, Mono.

ane juga kurang tau sih bedanya apa sama yang default,hehe.

Pengaturan Encoder Menu

Encoder menu

kemudian masuk menu Outputnya, Pilih Encoder 1 (yang sudah kita edit tadi), Masukan IP, Pasword Broadcaster dan port nya.

udah deh, sekarang tinggal klik Conect🙂

setel lagunya di winamp.

setelah ber praktek ria di internet, ternyata ada delay antara server dengan listenersnya. sekitar 20-46 detik🙂, dan suaranya juga lumayan lah standart, mungkin karena ane pakek encoder mp3 yang paling kecil, suaranya jadi standart tapi hemat di bandwithnya.

okedeh sekian dulu penjelasan singkat dari praktek membuat radio online dari ane, mudah-mudahan bermanfaat🙂

Email,YM,FB,Twitter : konoharakureah@yahoo.co.id

Blog : konoharakureah.wordpress.com

phone : +6283890353291


Responses

  1. wezzaaaaaaaaaaaaaaaaap…. mantaaaaaaaaaaaaaaaabbbbb😀

    • wazabee……
      :p

  2. yeah nice


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: