Oleh: konoharakureah | Maret 31, 2011

Belajar membuat Routing RIP (ver.1 & ver.2) part 1


bismillah🙂

hai hai, ktmu lagi dengan ane disini..

kali ini ane mau share aja sedikit mengingatkan tentang lanjutan dynamic routingnya..

kali ini mau bahas RIP dulu, hehe walaupun kedengerannya sudah usang / jadul, ya mudah”an niat berbagi ane tetep di catet , aamiin..

yuk mari kita mulai🙂

sebelumnya maaf klo penjelasan ane kurang lengkap,hehe.

mau fokus ke konfigurasinya dulu.

pengertiannya bisa di search di mbah google.

yu mari cekedot..

ini topologi ane =

topologi awal

topologi dasar

gambar diatas topologi yg nantinya akan ane gunakan terus sampe ke bawah🙂

Perbedaan singkat RIP v1 dan v2 =

Version 1 :

-hanya mendukung routing classfull

-tidak ada info subnet yang dimasukkan dalam perbaikan routing

-tidak mendukung VLSM (Variabel Length Subnet Mask)

Version 2 :

-mendukung routing classfull dan routing classless

-info subnet dimasukkan dalam perbaikan routing

-mendukung VLSM (Variabel Length Subnet Mask)

yuk mari kita langsung ke konfigurasinya

Sekarang kita coba menggunakan “routing RIP v.1”

secara default, jika kita menggunakan routing rip di router, maka akan langsung menggunakan RIP v.1

rip v 1 topology

rip v 1 topology

settingan router kiri :

RouterKiri>enable

RouterKiri#configure terminal

RouterKiri(conf)#interface FastEthernet0/0

RouterKiri(conf-if)# ip address 192.168.20.1 255.255.255.0

RouterKiri(conf-if)#no shutdown

RouterKiri(conf-if)#exit

RouterKiri(conf)#interface FastEthernet1/0

RouterKiri(conf-if)# ip address 192.168.2.1 255.255.255.0

RouterKiri(conf-if)#no shut

RouterKiri(conf-if)#exit

RouterKiri(conf)#do write memory

settingan router tengah :

RouterTengah>enable

RouterTengah#configure terminal

RouterTengah(conf)#interface FastEthernet0/0

RouterTengah(conf-if)#ip address 192.168.1.2 255.255.255.0

RouterTengah(conf-if)#no shutdown

RouterTengah(conf-if)#exit

RouterTengah(conf)#interface FastEthernet1/0

RouterTengah(conf-if)# ip address 192.168.2.2 255.255.255.0

RouterTengah(conf-if)#no shut

RouterTengah(conf-if)#exit

RouterTengah(conf)#do write memory

settingan router kanan :

RouterKanan>enable

RouterKanan#configure terminal

RouterKanan(conf)#interface FastEthernet0/0

RouterKanan(conf-if)#ip address 192.168.1.1 255.255.255.0

RouterKanan(conf-if)#no shutdown

RouterKanan(conf-if)#exit

RouterKanan(conf)#interface FastEthernet1/0

RouterKanan(conf-if)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0

RouterKanan(conf-if)#no shut

RouterKanan(conf-if)#exit

RouterKanan(conf-if)#do write memory

setelah konfigurasi IP address selesai baru kita masuk ke settingan routing nya..

RouterKiri :

Router Tengah :

Router Kanan :

Oke, setelah semua router sudah ditambahkan routingnya, kita cek kembali apakah sudah mendapatkan update database routing dari neighbour.

gunakan command “Show Ip route”

contoh show ip route di router kanan :

sudah terlihat dari gambar, routing sudah ter update dengan huruf “R” yang berarti menggunakan Routing RIP.

yuk sekarang kita test koneksinya..:)

kita coba dari PC kiri ke PC kanan

test ping

test ping

tracert

tracert

terlihat juga setelah di trace menggunakan command “tracert” dari PC kiri ke PC kanan..

pertama ke gateway RouterKiri (192.168.20.1), kemudian ke Gateway RouterTengah (192.168.2.2), lanjut lagi ke RouterKanan (192.168.1.1) dan akhirnya sampai di IP tujuan🙂

sip deh , alhamdulillah sukses RIP V1 nya🙂

yuk lanjut ke RIP V2 nya..

Email,YM,FB,Twitter : konoharakureah@yahoo.co.id

Blog : konoharakureah.wordpress.com

phone : +6283890353291


Responses

  1. boz… kalo rip v2 gmn boz? hehehe…. makasie…

    • iya nih, blm smpet nulis lagi Y__Y
      maaf ya..
      insya allah dalam waktu dekat ini langsung di update lagi..

  2. […] membuat Routing RIP (ver.1 & ver.2) part 2 alhamdulillah setelah berhasil membuat Routing rip ver.1 di pembahasan […]

  3. terima kasih juragan ilmunya

  4. […] setelah berhasil membuat Routing rip ver.1 di pembahasan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: